Minggu, 09 Oktober 2016

4 MODEL PUBLIC RELATION 


Menurut James E. Grunig dan Todd hunt (1984) ada 4 model Public Relation :
1.      Model agen Pemberitaan :
Model komunikasi ini merupakan model komunikasi satu arah. Dalam model ini komunikator hanya memberikan informasi dan tidak terlalu mengkhawatirkan feedback yang datang dari public.
2.      Informasi publik :
Model ini masih merupakan model komunikasi satu arah, namun model ini tidak menggunakan sifat persuasif atau promosi melainkan hanya memberikan informasi. Model ini mewakili praktik public relation di pemerintahan, organisasi nirlaba, lembaga pendidikan dan beberapa koprasi.
3.      Model asimetris dua arah :
Model ini menggunakan komubnikasi dua arah namun masih tidak seimbang. Model ini melakukan riset ilmu social terlebih dahulu untuk mengetahui efektivitasanan pesan yang akan disampaikan serta melakukan perencaan sehingga mendapat dukungan dari publik. Pihak komunikator tidak menggunakan banyak sumber daya untuk mengetahui reaksi publik.
4.      Model simetris dua arah :
Model inmi menggunakan komunikasi dua arah dan lebih seimbang. Model ini menggunakan penyesuaian dan penyelesaian masalah yang terjadi sehingga organisasi maupun publik mendapat pengertian dan pemahaman yang sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar