Minggu, 09 Oktober 2016

MANAGEMENT PUBLIC RELATION 



Apa itu public realtion ? PR adalah usaha perencanaan untuk mempengaruhi pendapat menjadi karakter yang baik menjaddi tanggung jawab pelaksnaan berdasarkan kepuasan komunikasi dua arah antar sesame (Scott M. Cutlips and Allen H.Center)
PR melibatkan manajemen problem, membantu manajemen agar tetap responsive dan mendapat informasi terkini tentang opini public, mendefinisikan dan menekankan tanggung jawab manajemen , membantu manajemen tetap mengikuti perubahan dan memanfaatkan perubahan secara efektif, serta menggunakan riset dan komunikasi sebagai alat utamanya.
Peran PR dalam manajemen organisasi adalah : Mengevaluasi opini public, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur dengan kepentingan publicnya, dan juga merencanakan dan melaksanakan penggiatan aktifitas PR. Selain itu peranan PR dalam organisasi adalah : Penasehat ahli, fasilitator komunikasi, fasilitator proses pemecahan masalah, serta teknisi komunikasi

Menurut H Fayol kegiatan dan sasaran PR adalah

a.      Membangun identitas
b.      Menghadapi krisis
c.       Mempromosikan aspek kemasyarakatan
d.      Mempromosikan hal-hal tentang kepentingan public
e.      Serta mendukung kampanye social


Dalam manajemen PR harus memiliki karakter perpaduan seni dengan professional yang baik dalam kemampuan manajerial, teknis, motivator, dan lain lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar