MANAGEMENT PUBLIC RELATION
Apa itu
public realtion ? PR adalah usaha perencanaan untuk mempengaruhi pendapat
menjadi karakter yang baik menjaddi tanggung jawab pelaksnaan berdasarkan
kepuasan komunikasi dua arah antar sesame (Scott M. Cutlips and Allen H.Center)
PR
melibatkan manajemen problem, membantu manajemen agar tetap responsive dan
mendapat informasi terkini tentang opini public, mendefinisikan dan menekankan
tanggung jawab manajemen , membantu manajemen tetap mengikuti perubahan dan
memanfaatkan perubahan secara efektif, serta menggunakan riset dan komunikasi
sebagai alat utamanya.
Peran PR
dalam manajemen organisasi adalah : Mengevaluasi opini public, mengidentifikasi
kebijakan dan prosedur dengan kepentingan publicnya, dan juga merencanakan dan
melaksanakan penggiatan aktifitas PR. Selain itu peranan PR dalam organisasi
adalah : Penasehat ahli, fasilitator komunikasi, fasilitator proses pemecahan
masalah, serta teknisi komunikasi
Menurut H
Fayol kegiatan dan sasaran PR adalah
a. Membangun identitas
b. Menghadapi krisis
c. Mempromosikan aspek kemasyarakatan
d. Mempromosikan hal-hal tentang
kepentingan public
e. Serta mendukung kampanye social
Dalam manajemen
PR harus memiliki karakter perpaduan seni dengan professional yang baik dalam
kemampuan manajerial, teknis, motivator, dan lain lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar